Artikel Hukum+

Alamat

  • Jln. Pelangi, No 88, Kampung Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 24415

Setelah Banda Aceh, YARA Deklarasikan Gerakan Aceh Muak di Aceh Timur, Ini Harapannya

Setelah Banda Aceh, YARA Deklarasikan Gerakan Aceh Muak di Aceh Timur, Ini Harapannya
Ketua Yara, Safaruddin

[ IDI ] – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mendeklarasikan Gerakan Aceh Muak (GERAM) di Aceh Timur, Minggu (14/1/2017).

Direktur YARA, Safaruddin mengatakan pendeklarasian gerakan ini terinspirasi dari Gubernur Aceh Irwandi Yusuf yang beberapa waktu lalu menyatakan muak bepergian ke luar negeri.

Safaruddin mendeklarasikan GERAM di Aceh Timur untuk menularkan rasa muak Gubernur bepergian ke luar negeri, kepada seluruh rakyat Aceh dalam bentuk dan rasa muak masing-masing.

“Misalnya, masyarakat Aceh Timur muak dengan jalan-jalan yang rusak parah dan sulit dilewati, sementara Gubernur Aceh hobi naik pesawat. Muak dengan APBA yang sampai saat ini belum disahkan, muak dengan perilaku KKN di Aceh yang menyebabkan kemiskinan, muak dengan gaji petugas kebersihan yang tidak manusiawi dan muak terhadap hal yang tidak adil kepada rakyat,” kata Safaruddin.

Deklarator GERAM ini juga mengatakan, berdasarkan informasi yang dibacanya di media online dan pesan Whatsapp beredar informasi bahwa Gubernur Aceh kembali berangkat ke luar negeri pada Sabtu 13 Januari 2018.

“Jika ini benar maka kami nyatakan bahwa kami MUAK terhadap rajinnya Gubernur ke Luar Negeri, kami juga muak dengan ketidakpedulian Gubernur untuk mempercepat pembahasan APBA dengan DPRA,” kata Safar.

Ia menyatakan, seharusnya DPRA tak hanya menunggu KUA PPAS dari Gubernur tanpa berinisiatif melakukan upaya ekselarasi pengesahan sesuai dengan kewenangannya dengan hak interpelasi, serta hak angket untuk memamggil Gubernur dan mempertannyakan alasan keterlambatan penyeraham KUA PPAS.

“Bila perlu usulakan pemberhentian Gubernur kepada Menteri Dalam Negeri dan ditunjuk Pj Gubernur sementara sampai pengesahan APBA ini,” ungkap Safaruddin.

Safaruddin mengharapkan dengan dideklarasikannya GERAM di Aceh Timur ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Aceh, khususnya Aceh Timur, agar muak dengan prilaku elite yang menzalimi masyarakat dengan sewenang wenang.

Sumber : Serambi Indonesia

comments

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional